Cek Ketahanan Fisik Personil, Polres Pati Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Tahap II 2019

Polres Pati Cyber News, Pati – Kepolisian Resor Pati, Polda Jawa Tengah menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Tahap II Tahun 2019 di Stadion Joyokusumo, Pati, Mulai hari Selasa (17/09/2019) sampai hari Jumat (20/09/2019). Kegiatan diikuti oleh personel Polri baik polres maupun polsek termasuk juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kepolisian.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, SIK melalui Kabag Sumda Kompol Sumarni, SH mengatakan bahwa kegiatan tes kesamaptaan ini adalah kegiatan yang dilakukan rutin seluruh anggota kepolisian. Pada pelaksanaan kali ini merupakan tahap ke dua tahun 2019.

“Kegiatan dilaksanakan untuk mengecek kondisi fisik personel Polres Pati dan Polsek Jajarannya. Selain itu untuk mengetahui kebugaran serta kesehatan personel,” jelas Sumarni.

Dalam pelaksanaannya, sebelum melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan tinggi badan dan berat badan anggota. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang masuk dalam kategori kelebihan berat badan.

Selain diperiksa tinggi dan berat badan dilakukan juga pemeriksaan tensi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi tekanan darah sebelum melaksanakan TKJ. Sehingga anggota dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti tes kesamaptaan atau tidak.

Kabag Sumda menambahkan, apabila dalam pemeriksaan tensi memenuhi syarat selanjutnya anggota mengikuti rangkaian tes kesamaptaan jasmani. Tes tersebut meliputi lari 12 menit, push up, sit up, pull up dan shuttle run.

“Kegiatan dilaksanakan rutin dua kali dalam setahun, adapun kegitan untuk mengukur kemampuan anggota dlm bidang jasmani sejauh mana ketahanan fisik anggota Polres Pati selama 6 bulan, ” tandasnya

Hasil tes kesamaptaan jasmani tersebut nantinya akan dilaporkan ke Polda Jawa Tengah setelah pelaksanaan selesai.

(Humas Respati)

HUMAS POLRES PATI

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *