Bhabinkamtibmas Candi Polres Pati Raih Juara Pertama Bidang Negosiator se-Polda Jawa Tengah

Polres Pati – Tribratanews.pati.jateng.polri.go.id, Warga Kabupaten Pati bisa berbangga diri, di tengah pandemi corona ini masih berbuat yang terbaik di tingkat Polda Jawa Tengah. Ini terbukti Bhabinkamtibmas Candi dari Polres Pati menyabet juara pertama bidang negosiator se-Polda Jawa Tengah.

Kepastian pencapaian prestasi terbaik itu terungkap saat launching ikon Bhabinkamtibmas Candi dan Asistensi Kampung Siaga Candi di Desa Margorejo Kecamatan Margorejo, Senin siang (3/8/2020).

“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dari tim gugus tugas (penanganan covid tingkat desa) untuk memberikan edukasi dan soalisasi bersama dengan perangkat yang ada. Mereka adalah petugas lini terdepan,” demikian Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat.

Kapolres Pati menyebut, Kapolda Jawa Tengah mempunyai ide bahabinkamtibmas Candi, yang mempunyai arti Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi, dan Inovatif. Ini dilombakan seluruh bhabin se Jateng, dan Polres Pati mendapat juara untuk Bhabinkamtibmas Candi negosiator.

Ketua Tim Asistensi Kampung Siaga Candi Polda Jateng AKBP Dwi Ratnawati mengatakan, program ini akan mengoptimalkan para bhabin yang dipersiapkan melakukan tugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban. Sebab, mereka diharap mampu berfikir cerdas dan dapat bernegosiasi.

“Kenapa dipilih nama candi, karena berkaitan dengan identitas jateng, yaitu Candi Borobudur. Juga terinspirasi dari Bripka Herman Hadi Basuki atau yang lebih dikenal dengan Pak Bhabin, yaitu polisi dari Purworejo,” jelasnya.

Sementara itu, indikator penilian yang dilakukan yakni mencakup proses operasional lapangan, ketangguhan dibidang kesehatan, ketahanan pangan, dan inovasi serta kreativitas yang bergantung dari kondisi wilayah.
Bupati Pati Haryanto yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan jika keberadaan bhabinkamtibmas dan bhabinsa sangat membantu. Sebab mereka berada di garda depan setiap kali ada masyarakat yang terindikasi terpapar covid.

“Kita tidak bisa memprediksi jika daerah kita yang paling aman. Sebab makin banyak kita lakukan swab dan rapid, semakin banyak yang muncul. Tapi Pati tergolong stabil datar dibandingkan daerah tetangga, karena semua elemen kita libatkan. Pati sampai sekarang ada 71 orang yang terkena, dan yang sekarang masih di RS ada 18, itu dampak dari wilayah perbatasan,” kata Haryanto.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, fungsi jogo tonggo merupakan rangkaian upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Begitu juga kehadiran bhabinkamtibmas yang turut serta membantu penanganan

(Humas Res Pati)

HUMAS POLRES PATI

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *