Kapal Terbakar Saat Perbaikan di Dok Kapal Desa Bendar Juwana, Begini Kronologisnya

Polres Pati – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sebuah kapal motor penangkap ikan yang sedang perbaikan di dok kapal, di Desa Bendar Kecamatan Juwana, terbakar Senin malam (30/08/2021).

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian material yang ditaksir satu milyar rupiah.

Kebakaran kapal tersebut terjadi sekitar pukul 19.30. Kapal tersebut milik H Zaenuri (52 tahun) warga Desa Bendar Kecamatan Juwana. Kali pertama terbakarnya kapal itu diketahui oleh tetangga korban, Warito (40 tahun) dan H Kuntari (50 tahun).

Menurut korban pemilik kapal, H Zaenuri, sebelum kejadian dia sempat melintas di lokasi tempat kapalnya terbakar, untuk mencari makam, tidak ada tanda kebakaran. “Namun sekitar pukul 19.30 dia menerima kabar dari Warito kalau kapal miliknya yang sedang dalam perbaikan di dok kapal terbakar,” ujarnya.

Saat itu, kata korban, melihat api yang sudah membesar, Warito dengan meminta bantuan H Kuntari menghubungi perangkat desa untuk meminta bantuan pemadam kebakaran. Setelah itu, perangkat desa memberitahukan ke Polsek Juwana dan Satpolairud Polres Pati yang langsung bergerak ke lokasi kapal yang terbakar.

Kapalnya yang terbakar tersebut, kata H Zaenuri jenis purse seine dengan panjang 20 meter, berkapasitas muatan 130 ton. Bagian yang terbakar dari atap kapal hingga bagian lambung kapal.

Kapolsek Juwana AKP Ali Mahmudi mengatakan dalam upaya pemadaman itu pihaknya bersama Satpol PP mengerahkan tujuh armada pemadam kebakaran, di bantu Sat Polairud Polres Pati, instansi kemaritiman dan warga nelayan.

“Api berhasil dipadamkan dengan bantuan 6 unit mobil pemadam kebakaran. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp 800 juta,” katanya.

Kapolsek menambahkan, untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan INAFIS Polres Pati.

(Humas Res Pati)

HUMAS POLRES PATI

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *