Program Mageri Segoro, Polres Pati Tanam 5000 Mangrove di Pesisir Bulumanis Kidul

Polres Pati – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng menginisiasi gerakan “Mageri Segoro” yakni kegiatan penanaman ribuan pohon mangrove diantaranya di wilayah pesisir turut Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Selasa (12/10/2021).

Aksi penanaman 5000 mangrove tersebut melibatkan jajaran Polres Pati, Kodim 0718/Pati, Pemerintah Desa Bulumanis Kidul, OPD terkait serta para relawan dan sejumlah komunitas peduli lingkungan.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing menyampaikan bahwa kegiatan ini guna menindak lanjuti instruksi Presiden RI khususnya dalam menjaga ekosistem di wilayah perairan dalam hal ini di pesisir Desa Bulumanis Kidul.

“Melalui penanaman mangrove ini, bertujuan agar tidak terjadi abrasi. Dan penanaman mangrove ini diprogramkan sampai dengan bulan Desember 2021 ini”, ungkap Kapolres saat diwawancarai.

Guna menyukseskan program Mageri Segoro ini, Polda Jateng melalui Polres Pati berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta pemdes setempat.

“Yang paling penting adalah menjaga agar program ini tetap berjalan serta memantau dan menjaga agar pohon – pohon yang ditanam tumbuh”, jelasnya.

Pihaknya menyebut, dipilihnya Desa Bulumanis Kidul lantaran hasil survey dan cek lokasi yang tentunya telah berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait bahwa tempat tersebut memang masih butuh dilakukan perbaikan melalui penanaman mangrove.

Sementara, Kepala Desa Bulumanis Kidul Susanto menyampaikan bahwa berdasarkan topografi, lokasi pesisir Bulumanis Kidul memang masih butuh dilakukan penanaman mangrove. Terlebih di pesisir tersebut belum terdapat pohon mangrove yang berguna menahan abrasi.

“Banyak lahan yang malah dijadikan tambak dan lain – lain. Namun di tahun ini sudah saya canangkan penanaman mangrove yang didukung oleh pemerintah, TNI dan Polri. Serta adanya penegakan hukum apabila terjadi pengrusakan pohon – pohon mangrove yang telah ditanam itu”, pungkasnya.

(Humas Res Pati)

HUMAS POLRES PATI

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *